Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun

gunung Rinjani -via-sembalun

Pendakian Rinjani via Sembalun merupakan jalur yang ramai dilalui oleh pengunjung terutama oleh para penggemar treking. Rute yang dilalui adalah gerbang sembalun lawang – pelawangan sembalun-puncak rinjani memakan waktu 9 – 10 jam. Jalur ini sangat dramatis dan mengesankan trail wisata yang anda lalui merupakan padang savana dan punggung gunung yang berliku-liku dengan jurang disebelah kiri dan kanan jalur.

Dibandingkan jalur Senaru, jalur pendakian ini tidak terlalu curam, namun karena didominasi oleh padang savana menjadikan perjalanan anda bermandikan peluh oleh teriknya matahari yang menyengat, namun semua itu akan sirna saat anda dibuat terpana oleh indahnya pemandangan padang dan hutan yang luas sepanjang lembah-lembah nan hijau disebelah timur Gunung Rinjani, bahkan mata anda akan dimanjakan oleh indahnya selat Alas dan Pulau Sumbawa di kejauhan.

Setelah tiba di puncak Rinjani anda bisa beristirahat sejenak sembari menikmati panorama alam dan berbangga diri telah menginjakkan kaki disalah satu kaki langit di Indonesia serta menimbulkan rasa kekaguman akan ciptaan Tuhan.

Sembalun Lawang ke Pos 1

Desa Sembalun Lawang berada pada ketinggian sekira 1156 m dpl dan merupakan titik permulaan pendakian ke Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Di desa ini terdapat Rinjani Information Center (RIC) Sembalun, pusat informasi dan tempat pendaftaran bagi para pendaki. Bagi yang membutuhkan penginapan terdapat Jarak tempuh normal melewati jalur ini adalah sekira 2 jam. Sepanjang jalur ini, savanna dan kontur jalan setapak yang naik turun serta berliku adalah jalur lintasan yang harus dilalui. Beberapa kali, Anda harus menyeberang jalur lahar dingin.

Pos 1 ke Pos 2

Pos 1 atau Pos Pemantauan berada pada ketinggian 1300 m dpl berupa sebuah pondok tanpa lantai yang teletak di tengah daerah padang rumput. Pos ini tidak ada sumber air. Perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 dapat ditempuh sekira 1 jam. Jalur Pos 1 ke Pos 2 merupakan jalur melintasi padang rumput yang terbuka, beberapa aliran lahar, dan sungai kering; jalanan sudah mulai menanjak.

Pos 2 ke Pos 3

Jarak tempuh dari Pos 2 (Pos Tengengean) ke Pos 3 adalah sekira 1 jam perjalanan. Pos ini berada di ketinggian 1500 mdpl. Di pos ini, terdapat fasilitas seperti sumber mata air dan toilet.

Pos 3 ke Plawangan Sembalun

Pos 3 (Pos Pada Balong) terletak pada ketinggian 2000 mdpl. Pos ini biasanya menjadi area kemping bagi para pendaki. Jalur dari Pos 3 menuju Plawangan Sembalun dapat ditempuh sekira 3,5 jam dengan jalur berupa tanjakan mendaki bukit yang bertingkat seolah tak habis-habisnya. Di jalur ini Anda harus menaklukkan tanjakan bukit sembilan, sebab memang pendaki akan mendaki sembilan bukit untuk sampai di Plawangan Sembalun.

Plawangan Sembalun ke Puncak Rinjani

Plawangan berada di ketinggian 2639 mdpl yang merupakan dataran yang cukup luas. Daerah ini cocok untuk mendirikan tenda dan biasa dijadikan tempat bermalam sebelum mencapai puncak Gunung Rinjani keesokan harinya, terlebih lagi dari tempat ini pemandangan ke Danau Segara Anak tampak jelas.
Plawangan Sembalun – Puncak Rinjani dapat ditempuh sekira 3 jam melintasi jalur berupa tanjakan-tanjakan yang curam. Terlebih lagi saat mulai mendekati puncak; kontur tanah yang berpasir halus menjadikan jalur ini berdebu dan licin.

PERGASINGAN

Bagi anda yang hobi naik gunung, ditutupnya Gunung Rinjani memang cukup bikin galau. Terutama saya yang hobi banget naik turun gunung. Hehe. Tapi tenang, meskipun Gunung Rinjani ditutup, ada tiruannya loeh, yang gak kalah eksotis pemandangannya bahkan menurut teman-teman saya yang lain, ini jauh lebih indah daripada berada di Puncak Rinjani.

Bukit Pergasingan, tepat berada di Desa Sembalun, Lombok Timur, dengan ketinggian 1700an mdpl, menawarkan solusi alternatif buat kalian yang pengen naik gunung saat Rinjani ditutup. Mendaki kurang lebih 3 jam kalian sudah bisa menikmati panorama menakjubkan Desa Sembalun dengan Puncak Rinjani sebagai backgroundnya.

Pergasingan berasal dari asal kata Gasing, merupakan sebuah benda permainan tradisional yang diputar dengan menggunakan tali disebut (sembalun: Alit), karena diyakini oleh masyarakat Sembalun bahwa pada zaman dahulu tokoh-tokoh terkenal pada masa itu suka berlomba main gasing di puncak gunung yang datar ini. Kegiatan ini rutin mereka lakukan sebagai ajang olahraga atau kepintaran main gasing diantara mereka.
Bagi yang ingin bermalam camping di bukit ini, perlengkapan tracking tetap harus dipersiapkan. Begitu juga dengan logistik yang memadai. Jalur pendakian tidak bisa dianggap sepele karena di beberapa titik kita akan menemui kemiringan kurang lebih 65 derajat. 3 jam pendakian akan sangat melelahkan namun itu juga setimpal dengan pemandangan yang disajikan baik saat dalam perjalanan mendaki sampai anda berada di puncak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *