Pendakian Gunung Rinjani via Timbanuh

gunung Rinjani via-timbanuh

Rute terdekat untuk mendaki ke gunung Rinjani adalah dari desa Timbanuh Kec. Pringgasela kabupaten Lombok Timur jika di banding dengan rute pendakian Senaru dan Sembalun. Lebih dekat dari segi jarak tempuh dari kota Mataram maupun dari Airport Praya. Mendaki melalui rute ini akan langsung menuju ke Pelawangan Timba Nuh dan puncak ke dua Gunung Rinjani 3.500 meter di atas permukaan laut atau biasa di sebut puncak selatan dan juga ke danau Segara Anak.

Pintu pendakian dari timba nuh

Dusun Jati desa Timbanuh tempat start point pendakian dan juga tempat Pos registrasi memasuki Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok berada pada ketinggian 900 mdpl, bisa di capai dari Kota Mataram ataupun Airport Praya kurang lebih 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan carter atau pribadi, sedangkan jika menggunakan kendaraan umum dari arah Mataram maka berhenti / turun di Masbagik atau Rempung, dari tempat ini bisa menggunakan ojek atau kendaraan bak terbuka menuju desa Timba Nuh.

Rute Timba Nuh merupakan rute terbaru sehingga belum ada fasilitas umum untuk pendaki gunung yang tersedia di Timba Nuh selain Pos penjagaan dan sebuah penginapan milik Pemerintah Daerah, dan untuk pendaki yang mau menginap bisa menghubungi penduduk di sekitar Pos penjagaan di Dusun Jati desa Timba Nuh.

Mendaki Gunung Rinjani Jalur Timbanuh 

Mendaki gunung Rinjani dari Timbanuh untuk pemula sebaiknya hanya sampai pelawangan dan ke puncak Selatan Gunung Rinjani, sedangkan untuk turun ke danau masih terlalu beresiko, karena jalur turun ke danau sangat curam.

Puncak Selatan Kolam Air Panas

Dan jika memang harus turun kedanau sebaiknya di usahakan untuk tidak membawa beban di pundak yang berlebihan untuk menjaga keseimbangan waktu turun tebing, dan harus extra hati hati.

Gunung Baru jalur ke danau

Sebaiknya menggunakan jasa guide atau porter dari Timbanuh / Tetebatu untuk membantu kelancaran pendakian ke Gunung Rinjani melalui jalur Timba Nuh ini, sedangkan untuk rekan rekan dari Club Petualang atau Pencinta Alam yang menyukai tantangan harus tetap waspada ketika menuruni tebing dari pelawangan ke Gunung Baru dan juga ketika menyusuri beberapa tebing antara Gunung Baru ke camping area Danau Segara anak, karena di tempat ini sering terjadi kecelakaan.

Pemandangan di Rinjani

Medan yang cukup sulit dan berbahaya dari Pelawangan menuju danau Segara Anak sesuai dengan apa yang bisa kita nikmati dan dapatkan di Danau Segara anak, seperti pemandangan yang indah, bisa mandi di beberapa kolam air panas di tepi danau segara anak yang betul betul masih alami dan bersih dan juga bisa mendaki ke puncak gunung baru. Untuk mendaki gunung baru sebaiknya di daki dari sisi barat yang lebih landai di banding dengan sisi lainnya.