6 Fakta Dan Misteri Gunung Semeru

6 Fakta Dan Misteri Gunung Semeru

Fakta Dan Misteri – Gunung semeru merupakan gunung tertinggi yang berada di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang pulau Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 3676 mdpl di atas permukaan laut. Gunung semeru pun menjadi tempat populer dan di sukai banyak para pecinta alam yang ingin melakukan pedakian. Namun pastinya keindahan yang bisa di lihat dari puncak gunung sangat lah indah dan patut untuk di kunjungi.

Keindahan Gunung yang satu ini sesungguhnya sudah terdengar sejak lama. Sejak jaman Orde Lama hingga Orde Baru, sudah banyak mahasiswa pecinta alam yang mendaki gunung ini. Salah satu pendaki yang paling terkenal tentu saja adalah Su Hok Gie. Ia adalah seorang aktivitis yang juga merupakan salah satu pendiri organisasi Mapala UI yang dipercaya sebagai organisasi pecinta alam pertama di Indonesia.

Ada banyak sekali cerita lain terkait Gunung yang satu ini, yang semuanya akan membuat kita semakin penasaran dengan Gunung indah ini. Berikut ini adalah beberapa Fakta dan Misteri tentang Gunung Semeru yang perlu anda ketahui.

1. Ikan Mas Ranukumbolo

Ranu kumbolo merupakan sebuah danau gunung yang berada di kaki gunung semeru di pegunungan tengger. Luasnya mencapai 15 hektar. Danau ini memiliki keindahan yang masih asri dan indah. Ranu Kumbolo merupakan bagian dari taman nasional Bromo Tengger. Selain keindahan alam yang dimilikinya, Ranu kumbolo juga dikenal sebagai danau yang angker. Terdapat berbagai misteri yang diyakini oleh masyarakat sekitar. Salah satunya adalah larangan untuk menangkap Ikan di Danau Ranu Kumnolo Ini.

Terdapat jenis ikan mas yang menurut keyakinan masyarakat adalah jelmaan dari dewi-dewi yang ditugaskan untuk menjaga danau ini. Ikan ini juga tidak diketahui asala muasalnya. Tiba-tiba saja di atas gunung terdapat sebuah danau dengan ikan masnya. Jika anda melanggar keyakinan tersebut dengan menagkap ikannya, niscaya akan mendapatkan peristiwa yang aneh-aneh yang bisa anda temui.

2. Mbah Dipo

Mbah dipo merupakan juru kunci dari gunung Semeru. Juru Kunci merupakan seseorang yang dianggap memiliki kekuatan untuk bisa berkomunikasi dengan gunung. Seorang Juru kunci biasanya tau tanda-tanda alam yang diberikan oleh gunung akapan gunung akan meletus dan lain sebagainya. Seperti halnya bah marijan yang terkenal sebagai juru kunci gunung merapi, Mbah Dipo merupakan juru kunci gunung Semeru ini. Dahulu kala apabila terjadi gunung meletus, orang-orang akan lebih mempercayai mbah dipo dari pada pemerintah. Akan tetapi sayangnya mbah dipo kini sudah tiada.

Terdapat sebuah wasiat yang diberikan oleh mbah dipo sebelum wafatnya, yaitu larilah ke arah sungai saat gunung meletus. Entah apa maksud yang terkandung dari wasiat tersebut. Sampai saat ini, Kebenaran tentang wasiat tersebut belum bisa dijelaskan. Anda boleh meyakininya, boleh tidak.

3. Hantu Wanita Ranu Kumbolo

Selain misteri tentang Ikan Mas yang merupakan jelmaan dari dewi-dewi penjaga danau Ranu Kumbolo, Di area Danau Ranu Kumbolo ini juga terkenal dengan misteri seorang hantu wanita yang sering menampakkan diri di sekitar danau tersebut.

Penampakan hantu wanita yang diyakini penunggu danau ranu kumbolo tersebut sering ditandai dengan munculnya kepulan kabut asap yang tebal. Cukup membuat bulu kudu merinding bukan? Akan tetapi anda tidak usah merasa khawatir, karena jika anda tidak mengganggu keberadaan mereka biasanya mereka juga tidak akan mengganggu keberadaan manusia. Mereka mahluk astral sama-sama diciptakan dan memang berdampingan.

4. Misteri Arcopodo

Kawasan Arcopodo ini sering dijadikan tempat istirahat pendaki karena memiliki dataran yang cukup luas. Menurut cerita yang beredar, di area ini terdapat dua patung prajurit dari Kerajaan Majapahit yang cuma bisa dilihat oleh orang yang punya mata batin.

Kalau dilihat dari asal usul namanya, Arcopodo memang berarti dua arca atau dua penjaga. Banyak pendaki yang mengaku pernah melihat dua patung ini, namun kebanyakan selalu melihatnya dalam ukuran yang beda. Ada yang bilang seukuran anak kecil, ada juga yang bilang seukuran raksasa.

5. Pendaki pertama adalah orang berkebangsaan Belanda

Keindahan dan kekayaan flora fauna di gunung Semeru ternyata sudah dikenal sejak jaman penjajah kolonial. Usaha untuk melakukan pendakian ke puncak gunung Semeru sudah dilakukan pada saat itu dan tercatat menjadi pendakian pertama. Adalah Clignet ( 1838 ) dan Winny Brigita, dua orang kebangsaan Belanda yang berhasil mendaki gunung Semeru. Clignet sendiri adalah seorang ahli Geologi dan melakukan pendakian melalui sisi sebelah barat daya Gunung Semeru yakni melalui Widodaren. Selain Clignet ahli botani berkebangsaan Belanda lainnya yang bernama Junhuhn tercatat melakukan pendakian pada tahun 1945.

6. Tanjakan Cinta

Misteri tanjakan cinta di gunung semeru. Salah satu mitos yang paling menarik di gunung Semeru adalah mitos tentang tanjakan Cinta yang berada di dekat danau Ranu Kumbolo, tanjakan Cinta ini adalah tanjakan yang tidak terlalu terjal, namun jaraknya yang panjang, kadang bisa membuat para pendaki engos-engosan. Mitos mengenai tanjakan cinta tersebut itu ialah barang siapa yang bisa melalui tanjakan cinta tersebut, maka ia akan segera mendapatkan jodoh yang ia damabakan.