6 Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

6 Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula – Mendaki gunung saat ini menjadi kegiatan yang mulai banyak di gemari oleh para pemuda pemudi yang ada di Indonesia. Namun tak sedikit pula di antara para pendaki gunung itu masih tak paham ataupun kurang berpengalaman dengan kegiatan yang satu ini. Karena hal itu, sebelum melakukan pendakian, setiap pendaki harus melakukan persiapan yang matang.

Jangan sampai kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan pengalaman dan kepuasan diri ini berakibat yang merugikan buat diri pendaki dan alam. Tips-tips mendaki gunung buat pendaki pemula berikut mungkin sedikit membantu persiapan pendakian gunung tersebut.

1. Perhatikan lokasi

Hal yang wajib anda lakukan adalah mengecek lokasi pendakian melalui internet, perhatikan juga lokasi gunung itu berada. Anda wajib untuk mengecek kondisi status gunung dan keadaan gunung itu. Selalu update berita soal gunung yang akan anda daki, ya.

2. Olahraga

Yang satu ini tak boleh anda lewatkan. Mendaki gunung membutuhkan fisik dan mental yang prima. Sangat disarankan anda berolahraga setidaknya seminggu, bahkan sebulan sebelum pendakian. Gunanya tentu untuk melatih otot kaki dan keseimbangan agar tidak kaget, mengingat jalan yang dilalui tidak mudah

3. Bawa barang yang penting

Mendaki gunung bukan perkara mudah, anda harus menggendong beban di punggungmu. Ditambah jalurnya yang turun dan naik. Maka pastikan anda hanya membawa barang yang penting saja. Bawalah pakaian tebal secukupnya, obat-obatan, persediaan makanan, sleeping bag, jaket berbahan katun atau wol, dan barang-barang penting lainnya

4. Jaga kesehatan

Tentunya ketika mendaki yang paling penting adalah dalam keadaan sehat. Jangan paksakan mendaki ketika sedang tidak prima. Selain membahayakan diri sendiri, anda juga akan merepotkan teman-temanmu jika tetap memaksakannya.

5. Jangan membuang sampah di gunung

Tentu anda tidak ingin kan indahnya lembah gunung yang di berikan tuhan kepada anda di kotori dengan sampah, maka jangan membuang sampah digunung. Alangkah baiknya jika sampah yang anda hasilkan di bawa turun.

6. Diusahakan tidak mengeluh

Mengeluh dalam perjalanan mendaki merupakan hal yang tidak baik untuk di lakukan. Dengan mengeluh akan mempengaruhi psikis dalam diri anda dan bisa berimbas pada tubuh. Dalam proses pendakian sebaiknya jangan mengeluh walaupun dalam keadaan seperti apapun, alangkah baiknya menyemangati diri sendiri dan selalu ceria agar perjalan mendaki gunung mu tidak terasa semakain berat dan yang pasti mengasyikan