5 Gunung Tertinggi Di Benua Eropa

5 Gunung Tertinggi Di Benua Eropa

Gunung Tertinggi Di Benua Eropa – Benua Eropa merupakan benua terkecil kedua di Dunia setelah Benua Australia. Benua Eropa dan Benua Asia pada dasarnya merupakan satu daratan yang biasanya disebut dengan Eurosia. Perbatasan antara Benua Eropa dan Benua Asia terletak pada Pengunungan Ural yang berada di daratan Negara Rusia. Oleh sebab itu, Rusia sering disebut dengan negara yang berada di dua Benua yaitu Benua Eropa dan Benua Asia. Namun wilayah terbesar Rusia masih berada di Benua Asia. Selain Pengunungan Ural, Laut Kaspia dan Penggunungan Kaukasus juga dijadikan tolak ukur perbatasan Benua Eropa dan Benua Asia.

Namun, meskipun demikian, Eropa ternyata juga memiliki banyak kekayaan ekosistem, termasuk keberadaan gunung-gunung tinggi yang perlu untuk diketahui. Berikut ini adalah 5 gunung tertinggi di Benua Eropa.

1. Gunung Elbrus, Rusia

Gunung Elbrus adalah gunung tertinggi di Rusia dan di Eropa. Gunung ini merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Caucasus dan merupakan gunung vulkanik yang sedang dalam keadaan dorman. Ada sebuah perdebatan yang menarik di kalangan para ahli.

Sebagian dari ahli mengatakan bahwa Gunung Elbrus valid untuk dikatakan sebagai gunung tertinggi di Eropa, sedangkan sebagian dari ahli lainnya berpendapat bahwa Gunung Elbrus bukan terletak di Eropa, melainkan di wilayah Rusia yang sudah termasuk dari bagian Benua Asia.

2. Mount Blanc, Italia – Perancis

Gunung Mont Blanc disebut juga sebagai Gunung Monte Bianco. Gunung ini terletak di Eropa Barat dan merupakan salah satu gunung favorit para pendaki. Nama Mont Blanc berarti Gunung Putih. Nama ini merujuk pada pemandangan di Mont Blanc yang selalu dilingkupi oleh salju dan kabut putih pekat yang indah.

Secara administratif, Mont Blanc terletak di perbatasan antara Italia dan Perancis. Gunung ini merupakan bagian dari jajaran Pegunungan Caucasus yang membentang di Benua Eropa. Lantaran ketinggiannya mencapai 4,808 meter di atas permukaan laut, Mont Blanc menjadi urutan ke 11 dari titik prominen dunia. Sungguh menakjubkan.

3. Aiguille du Midi, Perancis

Gunung Aiguille du Midi merupakan gunung yang terletak di Perancis. Gunung Aiguille du Midi merupakan salah satu puncak dari Pegunungan Mont Blanc yang selalu diselimuti salju. Meskipun sangat indah, para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan Aiguille du Midi langsung dari ketinggian tidak harus bersusah payah mendaki.

Untuk mencapai puncak Aiguille du Midi, telah disediakan cable car yang akan membawa pengunjung ke puncak gunung ini dari Desa Chamonix di bawahnya. Ketinggian dari Aiguille du Midi adalah 3.842 meter dari permukaan laut. Gunung ini menempati urutan ketiga dalam daftar gunung tertinggi di Eropa.

4. Etna, Italia

Gunung Etna merupakan sebuah gunung di Italia yang masih aktif. Gunung ini merupakan gunung stratovolcano yang berbentuk kerucut di antara kota Messina dan Catania. Gunung Etna baru saja meledak pada tanggal 16 Maret 2017 dan dinobatkan sebagai gunung berapi paling aktif di Eropa. Gunung ini memiliki ketinggian 3.350 meter dari permukaan laut sehingga selain disebut sebagai gunung berapi paling aktif, Gunung Etna juga masuk sebagai salah satu gunung tertinggi di Benua Eropa.

5. Teide, Spanyol

Gunung Teide terletak di Negara Spanyol, tepatnya di Tenerife, Canary Island. Gunung Teide merupakan gunung berapi vulkanik yang menjadi puncak tertinggi di Spanyol, sekaligus menjadi gunung tertinggi nomor 5 di Benua Eropa. Gunung ini memiliki puncak dengan ketinggian 3,718 meter di atas permukaan laut. Erupsi terakhirnya adalah pada tahun 1909, tepatnya tanggal 18 November.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *