6 Gunung Tertinggi Di Benua Afrika

6 Gunung Tertinggi Di Benua Afrika

Gunung Tertinggi Di Benua Afrika – Afrika merupakan benua terbesar ketiga yang ada di dunia setelah benua Asia dan benua Amerika serta penduduk terbanyak kedua setelah Asia. Luas wilayah Afrika kurang lebih sekitar 30.224.050 km² yang meliputi 20,3% dari total seluruh daratan Bumi.

Karena wilayah benua ini lumayan luas, jadi tak geran jika benua ini memiliki beberapa deretan gunung yang tinggi, bahkan salah satu dari gunung tertinggi di dunia ada di benua Afika yaitu Gunung Kilimanjaro dengan ketinggian mencapai 5.895 m.

Berikut 8 Gunung Tertinggi Di Afrika

1. Gunung Kilimanjaro

Tinggi : 5895 meter
Lokasi : Daerah Kilimanjaro, Tanzania

Gunung Kilimanjaro merupakan gunung tertinggi di benua Afrika. Gunung ini termasuk dalam gunung aktif dan menjadi gunung berapi tertinggi di dunia. Lokasinya terletak di negara Tanzania. Terdapat 3 puncak tertinggi, yaitu Kibo, Mawenzi dan Shira. Kibo menjadi puncak tertinggi di Afrika dengan tinggi 5895 meter di atas permukaan laut. Pendakian pertama gunung ini yang tercatat pada tahun 1889. Sejak itu banyak para pendaki yang mendaki Gunung Kilimanjaro ini.

2. Mount Kenya

Tinggi : 5199 meter
Lokasi : Bagian Utara Nairobi, Kenya

Mount Kenya atau Gunung Kenya merupakan gunung tertinggi kedua di benua Afrika. Sesuai namanya, gunung ini terletak di negara Kenya, tepatnya di bagian tengah Kenya sebelah utara ibukota Nairobi. Puncak tertinggi dari gunung ini adalah Batian (5199 meter), Nelion (5188 meter) dan Point Lenana (4985 meter). Daam catatan, pendakian pertama gunung ini terjadi pada tahun 1899.

3. Gunung Stanley

Tinggi : 5109 meter
Lokasi : Pegunungan Rwenzori, Perbatasan Republik Kongo dan Uganda

Salah satu gunung paling tinggi di Afrika lainnya adalah Mount Stanley. Gunung ini termasuk dalam bagian Pegunungan Rwenzori. Puncak tertingginya bernama Puncak Margherita dengan ketinggian mencapai 5109 meter di atas permukaan laut. Letaknya berada di perbatasan dua negara, yakni Republik Kongo dan Uganda. Pendakian pertama Gunung Stanley terjadi pada tahun 1906.

4. Gunung Speke

Tinggi : 4890 meter
Lokasi : Pegunungan Rwenzori, Uganda

Gunung tertinggi berikutnya juga termasuk dalam bagian Pegunungan Rwenzori. Gunung Speke terletak di negara Uganda dan puncak tertingginya bernama Vittorio Emanuele dengan tinggi 4890 meter di atas permukaan laut. Terdapat 4 puncak tinggi lain di gunung ini dengan ketinggian lebih dari 4500 meter. Pendakian pertama tercatat pada tahun 1906, sama dengan tim yang mendaki Gunung Stanley.

5. Gunung Baker

Tinggi : 4844 meter
Lokasi : Pegunungan Rwenzori, Uganda

Gunung Baker atau disebut Kiyanja menjadi gunung tertinggi ketiga yang berasal dari Pegunungan Rwenzouri. Letaknya berada di Taman Nasional Pegunungan Rwenzouri di Uganda, dekat dengan perbatasan Republik Kongo. Area di sekitar gunung ini juga disebut dengan sebutan The Mountains of the Moon. Puncak tertinggi dari Gunung Baker adalah Puncak Edward dengan tinggi 4844 meter di atas permukaan laut.

6. Gunung Emin

Tinggi : 4798 meter
Lokasi : Pegunungan Rwenzori, Republik Kongo

Masih di kawasan pegunungan Rwenzori, Gunung Emin merupakan salah satu gunung tertinggi dengan ketinggian mencapai 4798 meter di atas permukaan laut.. Letaknya berada di negara Republik Kongo. Terdapat dua puncak Gunung Emin, yang bernama Umberto dan Kraepelin, dimana yang tertinggi adalah Umberto.