Daftar Gunung Tertinggi Di Amerika Serikat

Daftar Gunung Tertinggi Di Amerika Serikat

Daftar Gunung Tertinggi Di Amerika Serikat – Amerika Serikay atau di singkat menjadi AS merupakan negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara ini terletak di bagian tengah Amerika Utara, yang menjadi lokasi dari empat puluh delapan negara bagian yang saling bersebelahan, beserta distrik ibu kota Washington, D.C.. Amerika Serikat diapit oleh Samudra Pasifik dan Atlantik di sebelah barat dan timur, berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, dan Meksiko di sebelah selatan.

Selain di kenal sebagai negara yang banyak memunculkan tokoh-tokoh superhero, negara yang satu ini pun juga memiliki beberapa deretan gunung yang sangat tinggi. Berikut ini merupakan daftar dari gunung tertinggi di Amerika Serikat yang perlu anda ketahui.

Gunung Aconcagua (6.962 meter)

Gunung Aconcagua merupakan gunung tertinggi serta terbesar di Benua Amerika. Gunung ini terletak di Argentina, sebuah negara Amerika Latin yang terletak di benua Amerika bagian selatan. Gunung Aconcagua atau Akonkagua dalam pengucapan Bahasa Indonesia merupakan bagian dari jajaran pegunungan Andes yang merupakan rangkaian pegunungan terpanjang di dunia.

Gunung Aconcagua terletak dekat dengan perbatasan Chili, tepatnya berlokasi di Provinsi Mendoza. Selain menjadi gunung tertinggi di Benua Amerika, Gunung Aconcagua juga menjadi gunung tertinggi kedua di dunia setelah Gunung Everest di perbatasan antara Nepal dan Tibet. Ketinggian Gunung Aconcagua mencapai 6.962 meter, atau sekitar 22.834 kaki.

Gunung Denali (6.190 meter)

Gunung Denali disebut juga sebagai Gunung McKinley. Gunung Denali adalah gunung tertinggi kedua di Benua Amerika, sekaligus merupakan gunung yang paling tinggi di Amerika Utara. Gunung Denali adalah salah satu gunung yang menyusun rangkaian pegunungan Alaska dan merupakan penanda dari hamparan Taman Nasional Denali.

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 6.190 meter dari permukaan laut atau sekitar 20.237 kaki ini dahulunya disebut sebagai Gunung McKinley, sebuah nama yang diambil dari nama mantan presiden Amerika Serikat ke-25 yaitu William McKinley. Nama yang digunakan untuk menyebut gunung ini sekarang yaitu Denali merupakan nama pemberian dari suku Athabaska di Amerika Utara. Gunung Denali merupakan gunung tinggi yang sangat terkenal di seluruh dunia. Bersama dengan Gunung Himalaya dan Gunung Aconcagua, Gunung Denali disebut sebagai tiga puncak paling prominen di seluruh dunia.

Gunung Logan (5.959 meter)

Gunung Logan merupakan gunung yang paling tinggi di Negara Kanada, sekaligus gunung tertinggi ketiga di Benua Amerika dalam daftar ini. Gunung Logan memiliki ketinggian yang menakjubkan yaitu 5.959 meter dari permukaan laut. Penamaan Gunung Logan diambil dari tokoh geologi yang terkenal dari Kanada yaitu William Edmond Logan.

Gunung Logan adalah bagian dari rangkaian pegunungan Saint Elias. Permukaan tanahnya dilingkupi oleh salju, sehingga para pendaki yang berniat naik ke gunung ini dipastikan harus tahan terhadap suhu rendah untuk bisa menaklukkan puncaknya. Gunung Logan pertama kali didaki pada tanggal 23 Juni 1925.

Gunung Orizaba (5.636 meter)

Gunung Orizaba atau yang juga dikenal sebagai Pico de Orizaba merupakan gunung berapi kerucut yang setinggi 5.636 meter dari permukaan laut. Gunung ini terletak di Meksiko dan merupakan gunung yang tertinggi di Negara ini. Gunung Orizaba mengalami letusan terakhir pada tahun 1846 dan masih berpotensi untuk mengalami letusan vulkanik kembali pada waktu-waktu mendatang. Seperti halnya Gunung Popocatepetl, Gunung Orizaba juga merupakan gunung berapi yang menyusun rangkaian sabuk vulkanik Trans-Mexican.

Gunung Saint Elias (5.489 meter)

Gunung Saint Elias merupakan gunung utama dalam jajaran Pegunungan Saint Elias. Gunung ini juga dikenal sebagai Boundary Peak 186. Gunung Saint Elias terletak di perbatasan antara Yukon yang masuk wilayah Negara Kanada dengan Alaska yang merupakan wilayah dari Amerika Serikat. Gunung Saint Elias dibagi menjadi dua sisi utama. Sisi yang menghadap Negara Kanada merupakan bagian dari Taman Nasional Kluane, sedangkan sisi gunung yang menghadap Amerika Serikat merupakan bagian dari Taman Nasional Wrangell-Saint Elias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *