Jalur Pendakian Gunung Arjuno

Jalur Pendakian Gunung Arjuno – Gunung Arjuno atau di kenal juga dengan sebutan gunung Arjuna merupakan gunung berapi kerucut yang berada di Jawa Timur, Indonesia. Gunun ini memiliki ketinggian mencapai 3.339 mdpl, gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan dan berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Arjuno merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Raung, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa.

Jika ingin menuju puncak gunung, bagi anda par pendaki bisa memanfaatkan keempat jalur yang ada di bawah ini.

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Via Tretes

Selain menyajikan pemandangan alam yang indah, berupa hamparan hijau yang dikelilingi pegunungan, jalur Tretes juga banyak dipilih oleh para pendaki karena memiliki track yang tidak terlalu menanjak dan kamu dapat mendaki gunung Welirang sekaligus. Sebab, kamu dapat menemukan persimpangan menuju puncak gunung Welirang di tengah perjalanan.

Rute Perjalanan

Bila kamu datang dari arah Surabaya dan Malang, maka tujuan utamamu adalah Terminal Pandaan atau Pasar Buah, kemudian perjalanan dilanjut dengan naik ojek atau naik angkot menuju Desa Tretes. Sebagai patokan, lokasi basecamp berada di sebrang hotel Tanjung, kamu bisa memberitahukannya kepada supir angkot atau ojek.

Estimasi Waktu

Basecamp – Pet Bocor: 20-30 menit
Pet Bocor – Kop Kopan: 2-3 jam
Kop Kopan – Pondokan: 2-3 jam
Pondokan – Lembah Kijang: 20-40 menit
Lembah Kijang – Savana 2: 15-30 menit
Savana2 – Puncak: 2-3 jam

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Via Batu

Jalur Batu adalah jalur pendakian gunung Arjuno dari arah barat, garis awalnya berada di Kota Batu, sebuah kota yang menyandang julukan sebagai Swiss-nya pulau Jawa. Sebab, di sana kamu dapat menemukan berbagai wisata alam yang menawarkan pemandangan indah dan mempesona. Sama halnya dengan jalur Tretes, jalur Batu pun menawarkan perjalanan yang menyenangkan dan mengesankan.

Rute Perjalanan

Dari kota manapun kamu, tujuan awal kita adalah terminal Kediri atau Malang, kemudian dilanjutkan dengan naik bus menuju kota Batu. Setelahnya, perjalanan disambung dengan menaiki minibus menuju Desa Sumber Brantas, kemudian kamu bisa naik angkot menuju pos KSDA, namun kita dapat meminta pak supir agar menurunkan kita di ujung desa yang merupakan garis start pendakian.

Pendakian

Pendakian diawali dengan melewati jalur setapak dan ditemani oleh pemandangan indah berupa ladang sayuran yang melintang luas, kemudian kamu akan memasuki hutan rimbun. Setelah berjalan sekitar 6 jam, kamu akan sampai di sebuah persimpangan, jalan sebelah kiri untuk sampai di puncak gunung Welirang (2 jam) dan jalur sebelah kanan untuk sampai di puncak gunung Arjuno (4 jam), setelah melewati puncak gunung Kembar l.

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Via Lawang

Jalur Lawang dikenal sebagai salah satu jalur pendakian gunung Arjuno yang memiliki medan yang sulit dilewati, awal pendakian dilakukan di Kabupaten Malang, itu artinya kita mendaki puncak gunung Arjuno dari arah sebelah selatan.

Rute Perjalanan

Bila naik kereta, maka tujuan awalmu adalah Statsiun Lawang di Kabupaten Malang, kemudian kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum menuju Pasar Lawang, dari sana naiklah ojek untuk sampai di pangkalan ojek Song-Song, sementara basecamp berada 2km dari pangkalan ojek tersebut.

Sementara bila menggunakan jasa bus, maka dari arah Surabaya, kamu dapat turun langsung di Pasar Lawang, selanjutnya bisa mengikuti rute perjalanan seperti naik kereta yang telah dijelaskan di atas.

Estimasi Waktu Pendakian

Basecamp – Pos 1: 60 menit
Pos 1 – Pos 2: 2 jam
Pos 2 – Pos 3: 3 jam
Pos 3 – Pos 4: 3 jam
Pos 4 – Plawangan: 90 menit
Plawangan – Puncak: 60 menit

Jalur Pendakian Gunung Arjuno Via Purwosari

Menurut cermat saya, jalur Purwosari merupakan jalur yang paling sepi di antara jalur lainnya, sangat disarankan untukmu yang tidak suka momen ngantri saat melakukan pendakian. Pendakiannya sendiri dimulai dari Desa Tambak Watu, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Rute Perjalanan

Bila datang dari arah Malang, tujuan awal kita adalah Terminal Arjosari, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik angkutan umum menuju Pasar Purwosari. Setelahnya, kita bisa naik ojek ke pos perizinan di Desa Tambak Watu.

Sedangkan bila datang dari arah Surabaya, kita dapat naik bus jurusan Malang dan turun di kantor penggadaian, kemudian naik ojek menuju basecamp, lama perjalanan sekitar 30 menit dari kantor penggadaian.