Jalur Pendakian Gunung Lawu

Jalur Pendakian Gunung Lawu

Jalur Pendakian Gunung Lawu – Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang berada di Pulau Jawa, tepatnya di Perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung lawu memiliki ketinggian mencapai 3.265 yang terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api “istirahat” diperkirakan terahkir meletus pada tanggal 28 November 1885 dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi.

Gunung Lawu pun juga merupakan sebuah gunung yang populer di kalangan para pendaki. Hal itu dikarenakan panorama alamnya yang memukau, tracknya yang menantang dan memiliki beberapa jalur pendakian sebagai pilihan. Berikut jalur gunung yang bisa anda coba untuk mencapai puncak gunung.

1. Jalur Cemoro Kandang

Jalur Cemoro Kandang merupakan jalur pendakian di gunung Lawu yang dikenal sebagai jalur dengan jarak tempuh paling panjang, track yang harus dihadapi cukup bervariasi, mulai dari tanjakan, jalan datar dan jalan menurun. Namun satu hal yang pasti, di sini kamu akan dengan pemandangan alam yang megah dan mewah.

Selain batu alam yang tersusun rapih, medan di sini didominasi oleh tanah padat. Sedangkan vegetasi di jalur Cemoro Kandang didominasi oleh hutan yang rimbun. Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati 5 pos pendakian dan 1 titik sumber air yang terletak di antara pos 3 dan pos 4.

Pintu masuknya sendiri terletak di kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. Di sana sudah disediakan prasarana untuk menopang kebutuhanmu, mulai dari kamar mandi, musholla, tempat menginap dan beberapa warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

2. Jalur Cemoro Sewu

Lokasi pintu masuk jalur Cemoro Sewu berada tidak jauh dari basecamp Cemoro Kandang, keduanya hanya berjarak 200 meter. Lokasinya berada di kabupaten Magetan, Jawa Timur. Basecamp Cemoro Kandang cukup nyaman karena sudah ditunjang dengan sarana kamar mandi dan mushalla.

Pendakian dengan jalur Cemoro Sewu akan melewati 5 pos pendakian dan tersedia 2 titik sumber air, satu sumber air berada di antara basecamp dan pos 1, sedangkan sumber air lainnya berada di antara pos 4 dan pos 5. Jalanan di sini relatif sudah tertata rapih dan vegetasi didominasi oleh hutan rimbun yang rapat.

3. Jalur Candi Cetho

Bila sebelumnya jalur pendakian gunung Lawu didominasi oleh 2 jalur di atas, akhir-akhir ini banyak para pendaki yang lebih memilih jalur Candi Cetho. Meskipun terbilang baru, jalur Candi Cetho menawarkan pemandangan asri dan alami di sepanjang perjalanan.

Pintu masuknya sendiri berada di kompleks candi Cetho yang berada di dusun Cetho, desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sebelumnya, Candi Cetho sendiri merupakan obyek wisata yang populer di kalangan wisatawan. Bayangkan, seperti apa pemandangan kemegahan candi yang dibalut keindahan alam gunung Lawu?.

Pendakian gunung Lawu dengan jalur Candi Cetho, kamu akan melewati 5 pos pendakian dan 1 titik sumber air yang berada di pos 3.

4. Jalur Jogorogo

Sebuah jalur yang sangat jarang digunakan oleh para pendaki, bahkan banyak para senior yang melarang para juniornya untuk memilih jalur satu ini. Sebab, track berbahaya, alam yang buas dan mitos yang mengerikan sudah siap menunggumu di sepanjang perjalanan. Selain itu, jalur satu ini dikategorikan ilegal.