10 Peralatan Yang Wajib Di Bawa Saat Mendaki Gunung

10 Peralatan Yang Wajib Di Bawa Saat Mendaki Gunung

Peralatan Yang Wajib Di Bawa Saat Mendaki Gunung – Berpetualang di alam bebas kini semakin digemari banyak orang. Selain berkemah, mendaki gunung atau hiking pun bisa menantang bagi mereka yang suka berpetualang. Keberhasilan mendaki gunung tentunya menjadi semakin menyenangkan saat kita bisa menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian. Kegiatan ini merupakan jenis kegiatan yang cukup berbahaya, untuk itulah diperlukan peralatan mendaki yang layak.

Namun, Gunung dengan segala medan dan isinya bisa mencelakakan para pendaki bila tidak dilengkapi dengan peralatan yang memadai. Belum lagi kondisi alam yang sewaktu-waktu kurang bersahabat, membuat kita harus memproteksi diri secara lengkap untuk menghindari marabahaya. Jadi sebelum mendaki, pastikan kamu sudah membawa 10 peralatan mendaki di bawah ini.

1. Kompor Lapangan atau Kompor Portable

Kompor lapangan memiliki banyak sekali variasi, baik jenis, model, ukuran atau cara mengoperasikannya. Namun perlu kamu ketahui bahwa semakin kecil ukuran kompor, maka akan semakin baik, karena tidak akan memakan ruang di dalam carriermu dan tidak akan menambah beban terlalu berat.

Meski demikian, faktor keselamatan pun menjadi pertimbangan penting saat kamu memilih kompor lapangan. Carilah kompor yang memiliki kualitas, sehingga tidak akan membahayakan dirimu di tengah pendakian.

2. Tenda Dome

Banyak sekali jenis tenda lapangan, namun jenis yang paling populer di kalangan para pendaki adalah jenis tenda dome. Sebab, tenda jenis ini memiliki ukuran paling kecil dan berat paling ringan di antara jenis tenda lainnya. Selain itu, cara mendirikan tenda dome pun termasuk sangat mudah dan tanpa ribet.

3. Peralatan Memasak atau Cooking Set

Agar kegiatan masak-memasak di atas gunung terasa menyenangkan dan mudah, sebaiknya kamu membawa peralatan memasak atau cooking set, kamu dapat membelinya sepaket, terdiri dari wajan penggorengan dll. Carilah perlengkapan memasak yang berukuran kecil agar tidak memakan ruang terlalu banyak di dalam carriermu.

4. Peralatan Makan

Rasanya tidak kumplit bila belum memasukan peralatan makan di dalam daftar ini. Bagaimana tidak, keberadaannya akan sangat berguna saat jam santap tiba. Peralatan makan ini terdiri dari piring, garpu, sendok dan pisau makan. Membuat makanan enak semakin enak.

5. Mini Kamera

Bukan untuk narsis-narsisan, namun dokumentasi di dalam sebuah pendakian merupakan hal yang penting, mengabadikan momen-momen perjuangan, keindah alam dan persahabatan. Lantas di kemudian hari, kita dapat mengenangnya kembali dan menceritakan bagaimana kisah muda kita kepada anak cucu. Pun kamera, semakin kecil ukurannya, maka semakin bagus.

6. Perlengkapan P3K

Sebagian besar pendaki menganggap enteng perlengkapan P3K, padahal barang-barang kesehatan ini sangat penting untuk dibawa dalam sebuah pendakian, akan sangat berguna saat kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, semisal kesleo, cedera engkel atau hal-hal buruk lainnya. Lagi pula, perlengkapan P3K tidak akan memakan ruang dalam carrier dan tidak akan menambah beban bawaan terlalu berat.

7. Peralatan Komunikasi

Banyak sekali peralatan komunikasi yang bisa dipakai saat berada di atas gunung, semisal peluit, handphone atau HT. Peralatan ini sangat kita butuhkan saat melakukan pendakian dalam jumlah banyak, karena membutuhkan kordinasi yang intens, memastikan setiap anggota berada pada jalur yang benar.

8. Alat Navigasi

Selanjutnya adalah alat navigasi, berupa kompas dan peta, baik itu manual atau berupa smartphone yang telah menginstal aplikasi kompas dan peta yang bisa dijalankan dalam keadaan ofline. Kamu dapat membaca 10 aplikasi android yang berguna saat mendaki gunung untuk mengetahui aplikasinya.

9. Jaket Gunung

Jaket gunung akan melindungi tubuhmu dari serangan udara dingin pada malam hari, mengurangi resiko terkena hipotermia dan mampu menjaga suhu panas di dalam tubuh. Saat memilihnya, kamu tidak perlu membeli jaket tebal, sehingga memakan ruang pada carrier. Saat ini, para produsen peralatan outdoor telah banyak merancang jaket gunung tipis yang anti angin dan dapat menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

10. Sleeping Bag

Selain meminimalisir resiko serangan hipotermia, menggunakan sleeping bag akan membuat tidurmu lebih nyaman dan pulas, sehingga mampu mengisi tenaga pada tubuh, merasakan kesegaran kembali setelah bangun tidur dan siap melanjutkan petualangan dengan lebih bersemangat.

Banyak sekali pilihan saat hendak membeli sleeping bag, yang paling umum adalah bahan serat sintetis (polar atau dacron) dan bahan bulu angsa yang dipercaya memiliki kehangatan lebih dibanding bahan serat sintetis.