8 Misteri Gunung Galunggung

8 Misteri Gunung Galunggung

Misteri Gunung Galunggung – Gunung Galunggung merupakan gunung berapi yang berada di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 2.167 mdpl di atas permukaan laut. Gunung ini terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Untuk mencapai puncak Galunggung, dibangun sebuah tangga yang memiliki 620 anak tangga. Di wilayah ini terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain objek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani.

Di antara sejumlah gunung yang ada di Jawa Barat, ada beberapa misteri yang cukup menakutkan dari gunung Galunggung. Lantas apa semua misteri di balik kokohnya Gunung Galunggung ini? Simak ulasan yang ada di bawah ini.

1. Beberapa Tanda Sebelum Terjadinya Letusan Gunung Galunggung

Sebelum terjadinya musibah besar di gunung Galunggung, rupanya alam telah memberikan tanda-tanda kepada penduduk lereng gunung. Tanda-tanda tersebut di antaranya adalah suara gemuruh dan kemunculan petir yang tidak lazim, suara gemuruh tersebut bagaikan tangisan dan teriakan kesedihan. Kemudian, banyak satwa yang turun, tiba-tiba, dari gunung, mendatangi padatnya pedesaan, seperti memberitahu bahwa bahaya besar akan terjadi.

2. Walaupun Banyak Tanda-Tanda, Kedahsyatannya Mampu Merenggut Ribuan Jiwa

Meskipun alarm bahaya sudah alam nyalakan, namun dahsyatnya letusan gunung Galunggung masih mampu menjatuhkan ribuan korban jiwa. Seperti yang sudah kamu baca pada poin pertama, bahwa ada ribuan manusia yang meninggal akibat meletusnya gunung yang berada di kota Tasik tersebut.

3. Misteri Letusan Gunung Galunggung dan Migrasinya Penduduk Sekitar ke Tanah Jawa Tengah

Pada letusan tahun 1982-1983, terjadi migrasi masyarakat Sunda ke tanah Jawa Tengah secara besar-besaran. Mereka yang masih trauma dengan letusan sebelumnya memutuskan untuk meninggalkan tanah kelahirannya dan memulai hidup baru. Meski begitu, ingatan tentang betapa mengerikannya letusan gunung Galunggung selalu saja menghantui ingatan mereka.

4. Misteri Matinya 4 Mesin Pesawat British Airways Saat Melintas Gunung Galunggung

Masih pada letusan di tahun 1982, kala itu pesawat British Airways sedang melakukan penerbangan dari Inggris menuju Australia, otomatis harus melewati Indonesia, tepatnya kawasan gunung Galunggung, sebagai jalur lintasannya. Namun, saat berada tepat di atas kawasan Galunggung, seketika 4 mesin pesawat British Airways mati total secara mengejutkan dan harus mendarat secara darurat di bandara terdekat.

5. Sihir Pelet yang Dimiliki Gunung Galunggung

Seakan memiliki mantra pemikat, gunung Galunggung dapat membuat takjub siapa pun yang melihatnya, membuat rindu siapa pun yang pernah mendatanginya dan membuat candu untuk terus mendakinya lagi dan lagi. Itulah gunung Galunggung, meskipun memiliki masa silam yang sangat menyakitkan, namun tetap saja mampu memikat manusia untuk terus mendatanginya. Dalam catatan, setidaknya ada 213.382 pengunjung per tahun.

6. Puncaknya Merupakan Pemukiman Bagi Penduduk Alam Gaib

Menurut kesaksian seorang pendaki yang memiliki penglihatan gaib, ia menuturkan bahwa dia melihat keramaian di puncak gunung Galunggung, bahkan lebih ramai dari sebuah pedesaan, menurutnya puncak tersebut adalah pemukiman pada makhluk gaib, tempat berkumpulnya bangsa Jin.

7. Terdapatnya Batu Besar Tempat Pertapaan Orang-Orang Sakti di Jaman Dahulu

Gunung merupakan salah satu tempat yang sering dipakai untuk bertapa, berdiam diri dengan kkusyuk, oleh para aktifis spiritual, orang sakti dan ulama penyebar agama di masa lampau. Begitupun dengan gunung Galunggung, pasalnya, di salah satu sudut gunung tersebut terdapat sebuah batu besar yang konon sering dipakai semedi oleh orang-orang sakti dan para ulama di jaman dahulu.

Saat ini, menurut penuturan warga sekitar, batu besar tersebut masih ada di tempatnya, menyimpan kekuatan besar, energi yang berlimpah, mampu membuat merinding orang-orang yang mendekatinya.

8. Kehadiran Bangunan Mushala di Dasar Kawah Gunung Galunggung

Tidak banyak orang yang tahu tentang adanya bangunan mushala di dasar kawah Galunggung. Mushala tersebut berada jauh dari keramaian wisatawan, di tengah-tengah udara yang sejuk di atas ketinggian. Di sampinya terdapat sumber air, dimana airnya sangat jernih dan menyegarkan. Terkadang, moshala tersebut dikelilingi oleh kabut. Indah dan memberikan rasa tenang saat berada di dalamnya.