Ciri-ciri Gunung Berapi Akan Meletus

Ciri-ciri Gunung Berapi Akan Meletus

Ciri-ciri Gunung Berapi Akan Meletus – Secara umum gunung berapi bisa didefinisikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas “batuan dalam wujud cair atau lava” yang dimana memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan bumi hingga ke permukaan bumi, termasuk endapan hasil akumulasi material yang dikeluarkan pada saat meletus.

Letusan gunung berapi merupakan peristiwa alam yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang di dorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Magma ialah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu yang terbilang sangat tinggi yakni diperkirakan lebih dari 1.000 derajat celcius.

Cairan magma yang keluar dari dalam bumi tersebut disebut lava. Suhu lava yang dikeluarkan dapat mencapai 700 hingga 1.200 derajat celcius. Letusan gunung berapi yang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai sejauh radius 18 km atau lebih, sedangkan lavanya dapat membanjiri hingga sejauh radius 90 km.

Berikut Ciri-ciri Gunung Berapi Akan Segera Meletus

Suhu pada kawah dan sekitar gunung meningkat

Suhu meningkat tersebut tentu akan dirasakan oleh penduduk sekitar gunung berapi, yang mana suhu menjadi lebih panas disebabkan oleh aliran magma yang merambat ke arah kawah gunung, jarak magma panas yang lebih dekat dengan permukaan bumi, mempengaruhi lapisan tanah sehingga suhu meningkat dan lebih panas. Jika ada tanda-tanda seperti itu di dekat gunung ada baiknya anda waspada akan terjadinya letusan gunung berapi.

Binatang hutan turun gunung

Hewan dalam hutan tentunya sangat peka dengan keadaan panas tersebut, dengan suhu panas binatang-binatang tersebut tentu tidak merasa nyaman, mereka biasanya akan berbondong-bondong turun gunung mereka menuju ke tempat-tempat dirasakan lebih sejuk seperti kaki gunung, sehingga warga sekitar gunung melihat tanda-tanda tersebut tentu perlu waspada, karena mencirikan hawa diatas panas dan ada kemungkinan gunung akan meletus.

Sumber air mengering

Karena lapisan tanah panas karena magma yang merambat dari perut bumi, mengakibatkan sumber-sumber air di sekitar gunung berapi akan kering. Seperti sifat air, akan sangat cepat menguap karena ada panas, begitu juga dengan air yang mengalir melewati lapisan-lapisan tanah, sebelum sampai ke tujuan air tersebut akan menguap karena panas bumi. Jadi kalau tanda-tanda tersebut mulai kelihatan, waspadalah kalau gunung tersebut ada kemungkinan meletus.

Tumbuhan di sekitar gunung layu

Banyak hal yang disebabkan oleh aliran magma pada lapisan tanah, sebelum mengalami erupsi atau gunung tersebut meletus, tentunya tumbuh-tumbuhan sekitar gunung akan layu, karena akar tumbuhan tersebut kepanasan, bahkan tumbuhan tersebut bisa mati. Tanda-tanda tersebut bisa anda temukan di sekitaran gunung berapa dan tentunya menjadi salah satu ciri kalau gunung tersebut akan meletus.

Terjadi gempa vulkanik

Tanda-tanda ini yang cukup dirasakan oleh penduduk yang berada di sekitaran gunung yang akan meletus, semua terjadi karena magma yang berada dalam perut bumi, magma yang semakin aktif selain menimbulkan panas, suara gemuruh dan juga getaran-getaran sehingga sering terjadi gempa dengan intensitas yang cukup tinggi. Getaran yang sampai pada permukaan bumi tidak terlalu besar pada umumnya lebih kecil dari gempa tektonik.

Terdengar suara gemuruh

Suara gemuruh yang keluar dari gunung berapi tersebut intensitasnya akan semakin sering, jika gunung tersebut akan meletus ini, tanda-tanda atau ciri-ciri tersebut perlu diwaspadai karena peningkatan aktivitas magma yang berada di perut bumi. Suara gemuruh tersebut biasanya terjadi pada malam hari, bisa mencapai puluhan kali, sebelum akhirnya terjadi letusan ataupun erupsi.

Keluar awan panas

Tanda-tanda atau ciri berikutnya gunung akan meletus adalah keluarnya awan panas. Kepulan asap yang keluar dari kawah gunung tersebut menandakan aktivitas magma semakin tinggi dan sudah siap untuk meletus. Warna asap atau awan yang keluar terkadang coklat ataupun putih dengan kepulan asap yang sangat besar, awan tersebut adalah awan panas yang berasal dari magma yang uapnya keluar dari kawah gunung. Awan panas tersebut sangat berbahaya bisa membinasakan apa saja.

Hujan Abu

Turunya hujan abu ini merupakan tanda-tanda kalau gunung berapi tersebut akan meletus ataupun sudah mengalami erupsi dan mungkin juga akan mengalami letusan yang lebih besar dari sebelumnya. Ini adalah ciri-ciri ekstrim yang perlu diwaspadai. Hujan Abu tersebut seperti awan panas, abu tersebut berasal dari perut bumi terbawa saat letusan, karena cukup ringan abu tersebut mudah diterbangkan kemana saja sesuai arah angin sehingga jangkauan hujan abu bisa jauh kemana-mana.