Misteri Goa Jomblang Di Gunung Kidul

Misteri Goa Jomblang Di Gunung Kidul

Misteri Goa Jomblang Di Gunung Kidul – Di kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta banyak terdapat goa, dan salah satu goa yang paling indah merupakan Goa Jomblang atau Luweng Jomblang. Namun karena pintu masuknya di wilayah Provinsi Yogyakarta, banyak yang menyebutnya menjadi Goa Jomblang Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa yang memiliki pesona keindahan alam yang sangat indah. Goa ini disebut juga sebagai cahaya langit.

Karena jika mengikuti terowongan di goa ini maka akan menemukan keunikan yang cukup menarik dari Goa Jomblang. Anda akan menemukan bentuk cahaya yang masuk dari mulut gua terletak di atas gua. Tidak hanya itu, Goa Jomblang juga terlihat sangat indah, karena ditumbuhi oleh pohon-pohon hijau di dalamnya, yang akan memberikan daya tarik tersendiri.

Namun, di bali keindahannya anda juga akan menemukan Misteri goa jomblang yang sangat menarik. Banyak dari wisatawan yang ternyata tidak mengetahui mengenai misteri yang tersimpan di dalamnya.

Tempat pembantaian PKI

Apabila anda datang ke goa jomblang, anda mungkin akan merasa takjub dengan keindahan dan keelokan bentuk goa tersebut. Di balik itu semua, ada cerita mengerikan yang menjadikan goa terkesan cukup mistis. Dahulu goa tersebut ternyata menjadi tempat pembantaian. Goa ini menjadi sakti terjadinya penganiayaan hingga pembantaian keji oleh PKI terhadap para pejuang, goa ini di waktu siang hari akan terkesan begitu indah karena seolah seperti panggung yang tersorot sinar matahari dari atas goa. Namun di waktu malam hari, Misteri tentang goa jomblang yang mengerikan ini membuat goa benar-benar terasa mencekam.

Lokasi goa jomblang

Jika anda berencana untuk mengunjungi goa eksotis yang satu ini maka anda perlu untuk mengetahui di mana lokasi dari goa tersebut. Letak goa jomblang penuh dengan misteri ini berada di wilayah jetis wetan, semanu kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari kota wonosari juga tidak terlalu jauh yakni hanya sekitar 10 km. Bentuk goa ini sangat berbeda dengan goa-goa pada umumnya karena letak mulut goa yang tegak lurus sehingga terkesan seperti lobang besar di atas tanah. Jarak bibir goa dengan dasarnya juga cukup bervariasi namun jarak yang paling dalam bisa mencapai 80 m.

Kisah mencekam dari goa jomblang

Misteri goa jomblang sebenarnya sudah banyak di kenal oleh masyarakat. Berdasarkan sejarah yang dikenal oleh masyarakat, goa jomblang ini dulu digunakan sebagai tempat pembunuhan masal. Kejahatan atau kekejian PKI tentu sudah anda ketahui sehingga mereka harus di basmi. Goa inilah yang menjadi sakti pemusnahan PKI yang keji. Diperkirakan bukan hanya ratusan anggota PKI saja yang di musnahkan namun ada ribuan yang menemui kematiannya di goa tersebut.

Pembantaian PKI ini terjadi sekitar tahun 1965. Pembantaian anggota PKI ini di lakukan dengan cara mengikat tangan antara satu dengan yang lainnya. Setelah semua tangannya terikat, satu persatu anggota PKI di tembak dan kemudian di masukkan ke dalam goa. Bisa di bayangkan betapa mengerikan keadaan pada waktu itu.

Banyak sekali mayat PKI yang ada di goa itu namun saat ini semuanya sudah dibersihkan sehingga nyaman untuk di jadikan sebagai destinasi wisata. Untuk bisa menelusuri goa tersebut, anda akan sangat membutuhkan bantuan dari tourguide untuk perjalanan yang penuh aman. Misteri di goa jomblang ini sudah menjadi rahasia umum jadi anda tidak perlu merasa ketakutan untuk berkunjung ke sana.