Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman

Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman

Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman – Gunung Butak merupakan gunung stratovolcano yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Butak terletak berdekatan dengan Gunung Kawi. Tidak diketemukan catatan sejarah atas erupsi dari Gunung Butak sampai saat ini. Gunung ini berada pada posisi -7,922566˚ dan 112,451688˚ dengan memiliki ketinggian mencapai 2.868 mdpl(9,409 ft).

Jika ingin menuju puncak gunung, terdapat salah satu jalur yang terkenal dan aman, yaitu jalur pendakian gunung via Panderman. Berikut ini akan di beritahukan informasi mengenai pendakian gunung Butak Via Panderman.

Akses Menuju Lokasi Basecamp

Agar lebih mudah, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, entah itu mobil atau motor. Namun untuk alasan keselamatan, motor matic tidak diperbolehkan naik sampai basecamp, diparkirkan di kampung bawah, selanjutnya bisa jalan kaki atau sewa ojek yang biasa mangkal di gapura ‘Wisata Gunung Panderman’.

Perjalanan menuju lokasi basecamp bisa ditempuh dari alun-alun kota Blitar, kemudian ambil jalan ke arah barat hingga sampai di perempatan yang kedua, selanjutnya akan kembali bertemu dengan perempatan, ambilah jalan sebelah kanan yang merupakan gapura wisata Gunung Panderman.

Basecamp dan Perizinan

Basecamp pendakian gunung Butak via Panderman berada di Desa Dukuh Toyomerto, dilengkapi dengan bebagai fasilitas, di antaranya adalah area parkir, papan informasi, tempat istirahat dan kamar mandi. Sementara, persyaratan untuk melakukan pendakian di gunung Butak adalah dengan membayar biaya retrubusi, seharga Rp. 7.500.

Basecamp – Sabana (8 jam)

Beranjak dari basecamp, kita akan mengikuti jalan setapak yang searah dengan jalur pendakian gunung Panderman, hingga akhirnya bertemu dengan sebuah persimpangan, jalan sebelah kiri untuk menuju puncak Panderman dan jalan lurus untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Butak. Berhati-hatilah saat melintasi awal jalur pendakian ini. Sebab, di sini terdapat banyak percabangan jalan.

Selanjutnya, petualanganmu akan dihadang oleh tanjakan PHP yang merupakan pintu rimba, mengantarkanmu memasuki hutan gunung Butak yang memiliki vegetasi tertutup dan didominasi oleh pepohonan yang diselimuti lumut. Medan di dalam hutan berupa tanah setapak, terkadang akar-akar pohon menghiasi jalur.

Sabana – Puncak Gunung Butak (1 jam)

Beranjak dari Sabana, saat melakukan summit attack menuju puncak. Biasanya, para pendaki meninggalkan tenda dan perlatan berat lainnya di Sabana, hanya membawa barang-barang penting saja ke puncak, seperti perbekalan makan, minuman dan kenangan.

Di awal perjalanan, kamu akan menemukan sebuah percabangan jalur, keduanya sama-sama akan mengantarkanmu ke puncak. Namun bedanya, jalur sebelah kanan lebih menanjak dengan jarak yang dekat dan jalur lurus lebih landai dengan jarak yang lebih panjang, sedikit memutar. Pilihan ada di tanganmu.

Puncak Gunung Butak

Setelah melewati berbagai rintangan yang cukup merepotkan, sesampainya di puncak, maka kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sangat elok nan indah. Di arah timur terlihat gugusan puncak gunung Semeru dan di arah Barat terlihat gunung Wilis, gunung Lawu dan gunung Kelud yang melambai dari kejauhan. Penampakan sabana pun bisa kamu lihat dari puncak.

Estimasi Pendakian Gunung Butak Via Panderman

Pada umumnya, para pendaki akan menghabiskan waktu sekitar 9 jam saat mendaki ke puncak dan 4 jam saat menuruninya. Dengan catatan, perjalanan dilakukan dengan lancar, tidak ada kendala dan masalah yang berarti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *